08/05/2018

Instalasi Listrik Jadul vs Zaman Now

     

     Meme (dibaca mim/meim) di atas menurut saya cukup cerdas dan merupakan fakta dalam kehidupan sehari-hari, bukan sekedar lelucon tanpa arti. Keberadaan listrik seringkali dilupakan oleh manusia. Ketika listrik bekerja dengan optimal, normal2 saja, seringkali kita cenderung bersikap biasa2 saja, kdg krg bersyukur, cuek mengecek perangkat kelistrikannya, toh sudah bayar ini, memang pantas mendapat hak tsb, n instalasi kelistrikan d rmh ok. Tapi, kalau dikasih pemadaman listrik dan kerusakan instalasi listrik sehari saja, pasti kesalnya minta ampun, bhkn mengutuk pihak penyedia listrik dan yg memasang instalasi listrik, serta nyalahin benda mati seperti stop kontak butut n lampu usang penyebab korslet hehe... Listrik kini sudah menjadi kebutuhan vital bagi manusia seperti halnya makan dan minum. Lalu apa itu listrik? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, listrik merupakan daya atau kekuatan yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan atau melalui proses kimia, dapat digunakan untuk menghasilkan panas atau cahaya untuk menjalankan alat listrik n mesin. Kalau disederhanakan, menurut saya intinya listrik adalah sumber kekuatan untuk menyalakan peralatan elektronik, lampu, dan mesin-mesin, sehingga bermanfaat dan dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.
     Salah satu indikator maju tidaknya suatu daerah adalah kebutuhan listrik yang terpenuhi dengan baik di wilayah tersebut. Menurut Wapres RI: Jusuf Kalla, listrik sudah menjadi kebutuhan primer keempat setelah sandang, pangan, dan papan. Bisa dikatakan manusia akan sulit bertahan hidup dengan normal jika tidak mendapat pasokan listrik yang baik dalam kehidupan sehari-harinya. Peralatan elektronik vital seperti televisi, komputer, laptop, kulkas, mesin cuci, pompa, dsb tentunya membutuhkan listrik. Bahkan, hanya untuk sekedar makan dan minum pun membutuhkan listrik. Minimal, ruang makan membutuhkan penerangan yang cukup dan itu harus ada listrik. Sungguh tidak nyaman, jika harus pakai lilin untuk penerangan di ruang makan hehe... Tentunya, semakin tidak nyaman, ketika harus menjamu tamu lalu listrik padam, seolah dianggap kurang memuliakan tamu, walaupun itu tentu saja bukan kesalahan mutlak sang tuan rumah.
     Sebaik2 nya pasokan listrik ke rumah2, menjadi krg optimal n akn menimbulkan masalah jika instalasi listrik asal2an. Apa itu instalasi listrik? Instalasi listrik merupakan suatu rangkaian yg menghasilkan aliran listrik, bisa berupa lampu maupun sumber listrik (Sumber: Nur Triyanto). Dgn kata lain atau bahasa sederhananya, instalasi listrik merupakan pemasangan rangkaian kabel untuk menghasilkan aliran listrik, umumnya disebar untuk menghasilkan nyala lampu (beserta pasang saklar) dan stop kontak. Rangkaian listrik utk lampu dan stop kontak selalu dipisah dan biasa disebut titik, yaitu titik lampu dan titik stop kontak. Masalah yg terjadi pd instalasi listrik paling dasar adalah kerusakan di lampu dan stop kontak. Jika itu semua ok, baru hrs mengecek kabel2 pd instalasi listriknya. Biasanya kerusakan kabel akibat usia yg sdh lbh dari 10 tahun, gigitan hewan pengerat (kabel jadul sngt rentan thd hal ini), dan air hujan yg merembet k kabel. Kabel jadul memang cenderung tipis dan tdk ada lapisan pengaman. Berbeda dgn kabel zaman now yg cenderung tebal n terdiri dari 3 lapis pengaman. Bahkan, kabel tsb dilengkapi racun utk hewan pengerat yg menyebabkan hewan pengerat n perusak kabel kapok n tdk lg doyan gigit kabel.
Kabel Zaman Now Warna Putih Tebal 3 Lapis & Kabel Tipis Jadul (yg Dipegang) tdk Ada Lapisan Pelindung
     Kabel putih tebal yg sering digunakan untuk instalasi listrik perumahan biasanya merek Prima dgn harga Rp. 300 rb-600 rb utk 1 roll. Harga yg berbeda tergantung ukuran n toko yg menjualnya. Biasanya di toko listrik tertentu n mgkn toko online bs ditekan harganya. Tp ada sj toko yg sengaja nyari untung gede, jd hrs pintar2 si pembeli sj. Ada kabel lain merek Supreme, harganya jauh lbh mahal, tp peruntukannya lbh pas utk instalasi kantor, pabrik, industri, mall, n gedung besar lainnya. Mengapa bisa lebih mahal? kabelnya lbh tebal n kuat, sngt dibutuhkan utk instalasi listrik yg lbh kompleks spt di gedung n perkantoran. Bisa dikatakan, kabel tsb pny pengaman yg lbh berlapis. Tp, utk di perumahan sih, kabel merek Prima sdh cocok. Diupdate 22 November 2018: Utk isolasinya, instalasi listrik jadul rmh saya msh sj ada yg menggunakan isolasi biasa, pdhl itu bisa membuat instalasi listrik cepat rusak, panas, rentan korleting, bisa menimbulkan percikan api. Tapi, utk instalasi listrik zaman now kabel sdh dibungkus rapi oleh isolasi kabel yg memang sesuai peruntukannya.
     Setelah kabel, beralih ke stop kontak. Stop kontak jadul biasanya pny ciri khas hrs diputar terlebih dulu baru bisa masuk (cukup ribet), smntr saklar kekinian pny ciri khas langsung masuk tanpa harus diputar n memiliki pengaman yg baik. Pengaman yg dimaksud adalah untuk mencegah anak2 kesetrum krn kebiasaan mengoprek sesuatu benda yg dianggapnya menarik, trmsk stop kontak, baik dgn menyentuhnya dgn tangan lgsg maupun menggunakan benda spt pulpen.
Stop Kontak Jadul (yg Dipegang) & Stop Kontak Kekinian (yg di Tembok)
Kemudian beralih ke saklar lampu, saklar jadul pny ciri khas tombol on ke ats, smntr saklar modern pny ciri khas sebaliknya, tombol on k bwh.
Sakelar Jadul  Merek Panasonic On ke Atas

Sakelar Lampu Kekinian Merek Broco (Kiri) n Phillips (Kanan) On ke Bawah

     Stop kontak n sakelar jadul yg jd contoh adalah merek Panasonic, sdgkn stop kontak n sakelar zaman sekarang yg jd contoh n memang sering digunakan adalah merek Broco n Phillips. Merek tersebut paling sering ditemukan saat saya beli stop kontak di toko listrik. Sptnya sdh menjadi merek pasaran. Stop kontak maupun saklar lampu model skrg biasanya dijual di kisaran Rp. 18 rb per bijinya.
      Rumah sy yg berada di lingkungan kompleks merupakan rmh jadul yg dibangun thn 85-an. Begitupun instalasi listriknya. Beberapa kali instalasi listrik rmh sy mengalami masalah, seperti stop kontak jelek, kabel tersambar petir, dsb, tp msh bs diatasi tanpa hrs mematikan arus listrik beberapa hari. Tp thn 2018, terjadi kerusakan instalasi listrik bagian ruangan dlm. Ada bbrp kmgkn penyebabnya: mulai dari faktor usia, pemasangan instalasi listrik saat dulu yg krg rapi, gigitan hewan pengerat seperti tikus thd kabel jadul, n rembesan air hujan melalu sela2 genteng rmh yg merusak kabel. Smntr itu, kmgkn kabel tersambar petir sngt kecil krn rmh sy sdh dipasang penangkal petir. Tp, dari semuanya, akr mslhnya adalah faktor usia n pemasangan instalasi listrik saat dulu yg krg rapi. Bayangkan sj, kabel jadul buatan thn 85-an memang sdh waktunya rusak, ditambah lg instalasi listrik yg cenderung asl jadi dgn meminimalkan jumlah MCB (Mini Circuit Breaker) dgn mksd utk dibuat simpel, justru membuat kerusakan listrik sulit terdeteksi n hrs dicek satu per satu, malah jd boros waktu n biaya. Penggantian instalasi listrik ruang dlm rmh sy akn dibahas berikutnya dgn judul yg baru, msh di blog yg sama. Semoga bermanfaat :)
       Silakan mampir juga ke blog saya yg pertama (ttg hewan, inovasi, hukum, manajemen, & sepak bola) dan kedua (ttg kesehatan & kemanusiaan, full text english). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:
Blog 1: vicagi.blogspot.com
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com



15 komentar:

  1. Masalah keselamatan lebih penting itulah sebabnya mengapa kita tidak boleh juga ayal ayalan dalam memilih perangkat berkualitas. Gak apa apa juga mahal sedikit tapi kan gak beli tiap minggu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx sdh mampir k blog sy. Kualitas yg bagus itu utk jangka panjang, daripada yg abal2 lalu mlh cepat korsleting & kebakaran, mlh jatuhnya jd mahal...

      Hapus
  2. Setuju, dlm hal alat2 kelistrikan, kualitas berbanding lurus dgn brand. Daya tahannya dipastikan lbh lama & utk kabel yg bagus sdh dilengkapi zat khusus spy terhindar dari gigitan tikus

    BalasHapus
  3. Wah pas diterapkan untuk pulang kampung di hari raya...terimakasih sudah remind :)

    BalasHapus
  4. Taunya cuma colokin buat manasin dispenser, Om. tapi yalah aku interest banget klo itu terkait autonom sistem listrik elektronika. Soalnya suka cari cari referensi buat kompatibilatas hardware ke software..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dispenser itu arus lemah, termasuk juga perangkat elektronika, rangkaian, & memprogram perangkat. Kl artikel saya lebih membahas arus kuat seperti kelistrikan rumah, jalur, dsb. Pengecualian pada artikel kelistrikan mobil. Sepertinya mba ini mahasiswi teknik elektro ya hehe.. Thx sudah sharing di blog saya

      Hapus
  5. ini sepele tapi penting bangeeet, kadang banyak orang yg lupa memperhatikan hal semacam ini, termasuk aku, huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Urusan instalasi listrik memang sering diserahkan kepada ahlinya, tapi tetap kita harus mengetahui minimal yang dasarnya. Thx sudah mampir

      Hapus
  6. saya suka suiz berjenama Philips tu... tampak kemas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Brand, kualitas, dan selera konsumen juga hehe.. Tapi yang jelas jangan produk kw untuk urusan instalasi lisrik. Thx

      Hapus
  7. Nah, kalau soal alat2 kelistrikan sih udah ga ragu smaa merk Broco dan Philips :) Udah terbukti banget kualitasnya dan tahan lama. Kebutuhan listrik rumah tangga maupun industri memang sudah menjadi keharusan bagi kita, namun kasihan yang di pelosok banyak juga yanng belum masuk listrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merek bagus kualitas ok & daya tahan juga bagus. Memang listrik belum merata untuk di pelosok2. Semoga saja segera diatasi. Thx

      Hapus
  8. Vatal kalau listrik diabaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, dan kalau bermasalah harus diserahkan ke ahlinya. Karena salah perbaiki malah bisa bikin korsleting dan kebakaran

      Hapus

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)๐Ÿ˜‡
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)๐Ÿ˜œ