04/02/2019

Dasar-Dasar Pemasangan Instalasi Listrik Rumah yang Perlu Diketahui oleh Pemilik Rumah

Pemasangan instalasi listrik rumah pada umumnya memang diserahkan sepenuhnya kepada ahlinya yang kita percayai. Tapi, kita sebagai pemilik maupun bagian dari keluarga pemilik rumah sebaiknya mengetahui dasar2 pemasangan instalasi listrik rumah. Hal ini penting, tidak sekedar untuk menambah wawasan semata, tapi juga agar tidak mudah ditipu orang. Melihat pemilik rumahnya yang kritis dan memiliki wawasan luas tentang instalasi listrik rumah (apalagi punya jabatan, relasi luas, dan populer juga😜), maka ahli instalasi listrik akan berpikir ulang untuk berbuat negatif, termasuk soal memainkan tarif pemasangan instalasi listrik.

Berikut dasar2 pemasangan instalasi listrik rumah:
1. Mempelajari denah rumah
Mempelajari denah rumah terutama yang berkaitan dengan kelistrikan, seperti posisi listrik boks sekring atau boks MCB (Miniature Circuit Breaker). Fungsi sekring sendiri sebagai pengaman, yaitu pemutus arus listrik saat terjadi masalah seperti hubungan singkat (korsleting) atau arus berlebih. Jika tidak ada pengaman, maka arus listrik yang bermasalah tsb bisa merembet, menimbulkan percikan, dan bahkan kebakaran.

Sekring MCB Rumah Saya Berjumlah 4, Sebelumnya 3 tapi Bebannya Terlalu Berat sehingga Ditambah Satu Lagi, dan Baiknya Ditulis Masing2 MCB untuk Ruang Mana Saja
Pemilik rumah harus mengetahui jumlah sekring rumah dan fungsi sekring tersebut untuk ruangan mana saja. Misal jumlah sekring rumah saya ada 4, maka berurutan dari kiri: sekring 1 untuk pengaman di luar sekaligus pusat MCB tsb (kabel merah), sekring 2 untuk luar (kabel merah), sekring 3 untuk ruang dalam dan ruang tamu (kabel coklat), serta sekring 4 khusus kamar (kabel coklat). Kalau perlu ditulis di boks tersebut agar tidak tertukar. Sekring pusat memiliki beban terbesar, sehingga harus diperhatikan jika drop, bisa saja sekring lainnya ikut drop, tapi jika bukan sekring pusat yang drop, maka sekring lainnya aman.

Perhatikan juga penempatan posisi dan jumlah sakelar, lampu, dan stop kontak. Hal ini memudahkan saat instalasi listrik rumah bermasalah lalu poin2 tadi dikomunikasikan kepada ahli instalasi listrik sebelum ahli instalasi listrik menelusuri titik berikut jalur kabelnya di atas atap rumah. Setiap satu stop kontak berikut lampu biasanya disebut satu titik. Semuanya harus pas, jangan sampai ada stop kontak yang sudah dicabut (mati), tapi kelistrikannya masih aktif, sehingga menjadi mubazir dan boros listrik.

2. Peralatan instalasi listrik
Peralatan instalasi listrik yang perlu disediakan oleh pemilik rumah sebaiknya yang kualitasnya bagus, tentunya harganya lebih mahal tapi lebih awet dann tidak cepat rusak. Misal: meteran listrik, steker (colokan), colokan, obeng, beberapa jenis tang, silet, pisau, gunting kecil, gergaji besi, tape rol, betel (alat pembelah batu), palu, test pen, sarung tangan pengaman, stop kontak, senter, dan kabel. Khusus untuk stop kontak dan kabel dijelaskan secara rinci termasuk merek di dalam blog yang sama di dengan judul Instalasi Listrik Jadul vs Zaman Now (pertama kali posting di blog ini).

3. Pengaman listrik pusat rusak menjadi wilayah PLN
Boks pengaman listrik pusat setiap rumah biasanya terdapat di luar rumah, ditempel di dinding (sebelum pintu masuk). Hal ini dimaksudkan agar mudah dijangkau pihak yang berwenang (PLN) saat mengecek kondisi kelistrikan, mirip-mirip meteran air lah. Jika Sekring MCB rusak bisa memanggil ahli kelistrikan dari mana saja, tapi jika pengaman listrik pusat rusak, mau ga mau harus memanggil orang PLN (dgn melampirkan rekening listrik asli) untuk mengatasi hal tersebut jika tidak ingin terkena sanksi, mengingat hal tersebut sdh menjadi wilayah PLN. Misal sakelar di pengaman listrik pusat kendor dan dol.
Sakelar Pusat Rumah Saya, Sempat Kendor & akan Menghubungi PLN, tapi Tidak Jadi Karena Masih Berfungsi Normal. Sakelar Kendor Bisa Saja Akibat Terjadi Beban Puncak (Biasanya Sekitar Jam 18-21)
Idealnya jika sakelar pengaman listrik pusat on, maka kondisi semua MCB dan instalasi listrik di dalamnya sudah ok, tapi jika drop, dinyalakan kembali drop lagi, hampir pasti salah satu MCB-nya bermasalah atau instalasi listrik yang di-cover MCB bermasalah. Sakelar pengaman listrik pusat juga bisa tiba2 drop jika terkena sambaran petir yang menggelegar untuk mencegah dampak yang lebih buruk, misal ledakan listrik atau kebakaran. Baru boleh dinyalakan saat petir sudah tidak ada, jika saat dinyalakan berikut MCB-nya, ternyata listrik tetap mati, maka hampir pasti instalasi listrik rusak tersambar petir. Untuk pencegahan baiknya di rumah bertingkat atau rumah yang dekat ruang terbuka seperti sawah dan lapangan, harus dipasang penangkal petir.

4. Menyiapkan kabel NYM dan kabel BC
Kabel NYM merupakan kabel inti tembaga berisolasi PVC (Polivinil Klorida), berfungsi untuk menghubungkan KWH meter atau sumber listrik. Sebagian orang tidak menempatkan kotak pengaman dan sumber listrik secara berjauhan. Hal ini kemungkinan akibat faktor biaya kabel tersebut yang tergolong mahal.Kabel NYM yang sering digunakan berukuran 3 x 4 mm persegi.

Sedangkan kabel BC merupakan kawat tembaga yang tidak memiliki isolator, berfungsi menghubungkan sumber listrik dengan batang arde. Antara sumber listrik dan batang arde biasanya diletakkan secara berdekatan akibat faktor biaya kabel yg juga tergolong mahal. Kabel ini juga biasa digunakan saat membuat penangkal petir. Kabel BC yang sering digunakan berukuran 6 mm persegi.

Kabel standar berkualitas yang sering digunakan di perumahan biasanya merek Prima, tapi jika kabel untuk industri harus lebih kuat dan tebal seperti merek Supreme, harganya pun lebih mahal.

5. Menyiapkan pipa conduit
Pipa conduit (saluran) merupakan pipa pelindung yang digunakan untuk melindungi kabel saat pemasangan instalasi listrik. Hal ini penting ketika kabel terkelupas, maka masih ada pengaman lain yaitu berupa pipa conduit, sehingga korsleting listrik dapat dicegah. Pipa ini juga berfungsi untuk melindungi kabel dari gigitan tikus, mengingat tikus suka mengerat kabel. Tapi, kabel zaman sekarang umumnya tebal terdiri dari beberapa lapisan, termasuk zat racun untuk hewan pengerat.

6. Memahami warna kabel dalam instalasi listrik
Hal tersebut cukup membantu saat proses pengerjaan instalasi listrik dengan meminimalisir kesalahan dalam menyambung kabel listrik. Hal ini menjadi semacam standar jika ahli kelistrikan lain yang masih awam dgn instalasi listrik rumah kita setidaknya bisa lebih cepat beradaptasi dlm memasang kabel, tidak akan tertukar.

Pada umumnya, kabel berwarna hitam merupakan kabel fasa (setrum). Kabel kuning bergaris /loreng sebagai kabel ground. Sedangkan kabel biru merupakan kabel netral. Di samping itu, pemilik rumah juga harus mengetahui ada kabel lain yang berfungsi menyambungkan sakelar menuju lampu, umumnya berwarna merah.

Setelah memilah warna kabel, perlu juga diukur berapa panjangnya untuk lampu, sakelar, dan stop kontak. Dalam jalur utama instalasi listrik, kita dapat menyiapkan 3 kabel, yaitu kabel fasa, netral, dan ground. Biasanya beberapa rumah hanya menggunakan kabel fasa dan netral. Namun, menambahkan kabel ground dapat membuat arus listrik lebih aman, terutama terhadap alat2 elektronik yg dapat menimbulkan arus induksi.
3 Kabel Dasar (dgn Warna yg Berbeda) dlm Instalasi Listrik Rumah. Sumber: panduanteknisi.com

7. Pemasangan kabel instalasi
Sebaiknya pemasangan kabel dilakukan oleh ahlinya, berpengalaman, dan bisa dipercaya (tidak berniat menipu). Alangkah baiknya jika ahli yang kita pilih tsb memang banyak direkomendasikan oleh banyak orang karena track record-nya yang baik. Arus kuat (instalasi listrik) jauh lebih kompleks dari arus lemah (seperti servis televisi, pasang penangkal petir, dsb), sehingga tidak bisa sembarang orang menguasai arus kuat.
(Sumber: Koran Pikiran Rakyat tanggal 9 Januari 2019)


8. Perhatikan cuaca
Pemasangan instalasi listrik (terutama saat ahli instalasi listrik harus masuk ke dalam atap rumah) idealnya dilakukan saat cuaca cerah. Udara pengap dan kotor di dalam atap rumah saat  pemasangan instalasi listrik bisa disiasati dengan membuka genting rumah, agar sirkulasi udara lancar. Di samping itu, sinar matahari yang masuk ke dalam atap yg dibuka gentingnya bermanfaat untuk mengurangi debu dan kotoran di dalam atap, walau sifatnya sesaat. Dan itu hanya bisa dilakukan saat cuaca cerah.

Hindari melakukan pemasangan instalasi listrik saat cuaca hujan, apalagi disertai badai petir. Kondisi atap yg dibuka saat memasang instalasi listrik, lalu air hujan yang masuk bisa saja bisa mengenai kabel yg terkelupas atau sedang dipasang mengakibatkan korsleting, bahkan bisa membahayakan ahli instalasi listrik yg berada di dlm atap tsb. Apalagi jika ada petirnya, sambaran petir seringkali sulit ditebak dan sekalinya mengenai listrik saja (misal listrik di luar rumah) bisa saja langsung merembet ke kabel2 di dalam atap rumah maupun kabel lainnya seperti stop kontak, barang2 elektronik yang tersambung listrik (bisa merusak barang2 elektronik), bahkan membahayakan manusia. Hal itu semakin parah jika obyek2 yg jadi korban sambaran petir dalam kondisi basah. 

Ada baiknya, tindakan preventif berkaitan kelistrikan rumah dilakukan sejak masih kemarau, seperti genting yang bocor segera diperbaiki agar air tidak merembet masuk ke dalam rumah dan mengenai kabel2, penangkal petir (kalau ada) diperiksa secara berkala agar tetap berfungsi normal, selokan dan jalan2 dibersihkan dari sampah, jika diperlukan rumah dibuat lebih tinggi, serta dibuat tanggul untuk mencegah banjir yang dikhawatirkan bisa merusak kelistrikan rumah dan juga barang2 elektronik, dan sebagainya.


Ditunggu Umpan Balik yang Positif, Saling Membantu, serta Semoga Sukses&Berkah Selalu. Aamiin. πŸ˜‡. Thx. Sumber: idntimes.com
Demikian artikel saya, silakan mampir juga ke blog saya yang pertama (tentang hewan, inovasi, hukum, manajemen, & sepak bola) dan kedua (tentang kesehatan & kemanusiaan, full text english). Semoga bermanfaat. Thx. Berikut link-nya:
Blog 1: vicagi.blogspot.com
Blog 2: healthyhumanityvicagi.blogspot.com





34 komentar:

  1. Bagus artikelnya, pemilik rumah setidaknya harus tahu dasar2 instalasi listrik rumah agar ahli instalasi listrik pun segan kl mau macem2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, setidaknya ga usah ahli tp pny ilmu dasar instalasi listrik, jaga2 aj. Thx sdh berkunjung k blog sy

      Hapus
  2. Fungsi kabel warna saya jadi tahu nih, biasanya saya asal saja. Ternyata hitam itu setrum dan merah untuk saklar, walau pada intinya sama ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semacam standar sj, kl misalkan diurus oleh ahli kelistrikan lain yg bkn langganan tdk akan kebingungan & tdk perlu mengecek dari awl. Hal tsb sering dianggap sepele, pdhl penting jg. Thx sdh mampir ke blog sy, semoga blognya masbro makin sukses ya :)

      Hapus
  3. Saya heran saja, sering saya melijat instalasi listrik yang tidak memakai ground. Padahal berdasarkan artikel ground itu penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,biasanya itu di kos2an atau kontrakan kecil yg kabelnya dibiarkan berantakan. Grounding penting utk mencegah masuknya arus listrik liar yg tdk diduga, misal sambaran petir. Jadi, sbnrnya utk pengaman jg. Thx sdh mampir k blog sy

      Hapus
  4. Ada yang saya mengerti: perihal keselamatan. Sangat penting jika terkait listrik karena akibatnya sangat fatal. Artikel seperti ini perlu mendapatkan perhatian karena memang menyangkut kehidupan sehari hari..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sdh sharing & memberikan atensi pd blog sy. Setuju, keselamatan diawali penggunaan perangkat listrik berkualitas, bkn abal2, dipasang oleh ahlinya (arus kuat), & jg hrs tau standar prosedur pemasangan listrik, termasuk ketika ada force majeure

      Hapus
  5. bicara tentang listrik memang harus hati-hati dah mas ya,..kalau asal-asalan bahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, hrs sering sharing dgn yg ahlinya. Sy pun berani nulis artikel ini sblm nya sharing dgn ahli kelistrikan khusus arus kuat (utk rumah, kantor, pabrik, & gedung), hasil kerjanya bagus, serta beliau jg dkt dgn org PLN. Thx sdh sharing..

      Hapus
    2. *Dan jg mengambil referensi dari sumber/media yg terpercaya

      Hapus
  6. wah sangat mencerahkan ini gan buat ane yang masih bingung masalah listrik, terimakasih banyak gan atas pencerahannya, salam kenal ya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks, sy jg msh bljr, hsl sharing dari yg ahlinya. Tp memang bnr, masalah listrik tdk blh dianggap remeh, krn salah perawatan ujg2nya bisa kebakaran & merusak seluruh harta benda di rumah. Salam kenal jg. Thx sdh mampir d blog sy

      Hapus
    2. betul gan, perlu hati2 dan bijak dalam menggunakan listrik ya, apalagi sekarang tarif listrik nggak murah ya, oh iya saya sudah follow blog nya ya, salam persahabatan :)

      Hapus
    3. Setuju, hrs bijak. Thx atas follback & apresiasinya

      Hapus
  7. Saya sudah berpindah 4 kantor dan soal listrik sama semua. Tidak ada denah jaringan kabel. Jika ada masalah harus dicek satu persatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pdhl itu bagian dari safety jg ya mas. Apalagi skrg sdh dicombine dgn jaringan nirkabel. Repot jg maintenance-nya, misal ada gangguan hewan pengerat atau kl nirkabel serangan cracker (hacker jahat). Thx sdh sharing

      Hapus
  8. Wah ini cucok ngobrolin soal kelistika sama papahku aja. Beliau pensiunan PLN Duren Tiga hehehe. Emang deh kita kudu paham benar sebenarnya tentang alat2 listrik dan kegunaannya secara sederhana dulu. Tapi ya itulah namanya perempuan taunya cuma bayar aja tiap bulan hihihi. Tq infonya lengkap ini, Mas Vicky.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percaya kl org PLN pasti pny tips menghemat listrik, & mgkn tagihan listriknya bisa ditekan hehe... Sy jg sbnrnya hny membahas yg dasar2 sj, yg sering terpakai dlm kehidupan sehari2, kl udh menyangkut arus kuat, instalasi jalur, listrik tersambar petir, & yg ribet2 lainnya itu udh bahasannya ahli instalasi listrik. Thx sdh sdh sharing & berkunjung k blog sy

      Hapus
    2. AH, tagihan listrik mah ga ditekan2 gimana gitu, hehehe sewajarnya aja :) Yoi itu bahasan orang2 elektro atus luat, arus lemah dll ya. Yang penting kita paham dulu paling ga dasar menghemat listrik, cara penggunaannya dll.

      Hapus
  9. Nambah ilmu lagi mantap artikel nya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx atas apresiasinya. Sy jg ini hasil baca & berdiskusi dgn ahli instalasi listrik d rmh

      Hapus
  10. Listrik memang hal yg sangat urgent dan hrus hati2 benar, apalagi klo dah mudik...hrus dipersiapkan betul dan dicek semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, sama pentingnya dgn keamanan rumah saat ditinggal mudik. Thx sudah sharing

      Hapus
  11. hari2 biasa pun saya selalu cabut plug dan bila saya begini, bil elektrik saya tak pernah lebih RM15 per month.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus, itu termasuk hemat listrik. Thx sudah sharing

      Hapus
  12. Masalah listrik ternyata tak sederhana, harus diperhatikan benar apa akibatnbya jika sembarangan dan tidak memperhatikan keamanan dalam rumah. Saya hanya bisa menghela napas setelah baca ini, sadar masih ada kabel yang harus diganti di kamar karena kabel tua. Semoga nanti ada rezeki untuk memanggil yang ahli pasang instalasi sekaligus ganti kabel secara mahir. Soalnya pernah panggil yang bisa pasang ternyata hasilnya mengecewakan. Kabel 3C atau untuk sambungan listrik masih ada, bekas pasang sambungan listrik baru ke rumah.
    Cuma yang di kamar agak sembrono pemasangannya dan belum ganti baru. Sekarang mulai hujan, saya akan bilang ke suami untuk periksa genteng karena takut melorot bekas dinaiki kucing. Kucing juga pintar cari celah untuk naik ke atap lewat lubang angin yang ada. Kabel di atap alhamdulillah aman tetapi jelas jangan sampai basah kena air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahli instalasi listrik pun baiknya sudah dikenal tetangga kiri kanan, biasanya lebih dipercaya & pengerjaannya lebih baik. Betul, periksa genting jangan yang retak atau bocor. Saya juga kadang kesal kucing masuk atap & melahirkan di sana. Amannya lubang ke genting harus ditutup. Kabel yang usang diganti dengan kabel kekinian yang lebih kuat & anti gigitan tikus. Terima kasih sudah mampir & sharing ke blog saya

      Hapus
  13. Menambah pengetahuan dan mudah difahami, terima kasih sudah berbagi.
    Untuk Artikel lainnya mengenai kelistrikan silahkan kunjungi Blog Voltechno.net

    Thanks

    BalasHapus
  14. Artikel yang bermanfaat dan menambah pengetahuan, semoga sukses selalu. Pengetahuan dan Tips kelistrikan lainnya kunjungi Voltechno.net
    Thanks

    BalasHapus

1. Silakan berkomentar secara bijak
2. Terbuka terhadap masukan untuk perbaikan blog ini
3. Niatkan blogwalking dan saling follow blog sebagai sarana silaturahim dan berbagi ilmu/kebaikan yang paling simpel. Semoga berkah, Aamiin :)πŸ˜‡
4. Ingat, silaturahim memperpanjang umur...blog ;)😜